Tips Mendekorasi Rumah Mungil Minimalis Agar Tak Terlihat Sempit

Tips Mendekorasi Rumah Mungil Minimalis Agar Tak Terlihat Sempit

Meskipun terlihat sulit, namun bukan hal yang tidak mungkin untuk mendekorasi rumah yang mungil dan minimalis. Untuk mendekorasi rumah yang mungil memang jadi tantangan tersendiri, bagaimana caranya agar dekorasi rumah tidak malah membuat rumah mungil semakin sempit. saat ini hunian di perkotaan memang banyak didominasi dengan rumah minimalis dan mungil. Hal ini dikarenakan keterbatasan lahan yang tidak sebanding dengan kebutuhan rumah saat ini. 

Sebenarnya bukanlah hal yang sulit untuk mendekorasi rumah minimalis dan mungil. Yang paling terpenting dalam cara dekorasi rumah minimalis adalah bagaimana menjaga rumah agar tetap terorganisir dan rapi. Namun jangan khawatir, tips di bawah ini bisa menawarkan solusi terbaik dalam menata rumah mungil agar tetap nyaman ditempati.

Tips Mendekorasi Rumah Mungil dan Minimalis

Penggunaan Warna Netral Untuk Rumah

Anda bisa mulai mendekorasi rumah yang minimalis dan mungil dari pemberian warna-warna untuk dinding atau interior rumah. salah satunya yaitu dengan menggunakan warna netral dan kalem, yang mana cukup efektif untuk membuat ruangan di dalam rumah jadi semakin luas. Anda bisa menggunakan warna-warna ini untuk di ruang tamu, ruang keluarga, hingga kamar tidur. Menggunakan warna serta dekorasi yang tepat juga dapat menentukan bagaimana suasana yang anda inginkan. 

Untuk pilihan warna yang sangat direkomendasikan dalam mendekorasi interior rumah mungil adalah warna puih, krem, dan abu muda. Warna-warna ini dapat memantulkan cahaya yang memberikan efek ruangan terasa lebih luas. Anda juga bisa menempatkan warna-warna netral pada perabotan utama hingga lantai ruangan di dalam rumah. Selain itu warna-warna ini pun juga dapat memberikan kesan yang nyaman dan elegan 

Pilih Perabotan Yang Transparan atau Reflektif

Mungkin banyak yang berpikir jika ruangan yang ada di dalam rumah beruran mungil tidak akan terlalu sempit. namun hal ini baru terlihat saat ruangan dipenuhi dengan perabotan. Dan barulah anda akan merasa jia ruangan tersebut tidak begitu luas. Agar hal-hal seperti ini tidak terjadi pada rumah mungil anda. maka anda harus pintar-pintar dalam cara mendekorasi rumah minimalis. Anda bisa menggunakan furniture yang berbahan material transparan atau reflektif. Sehingga dapat memberikan efek visual lebih luas di dalam rumah anda. 

Gunakan material seperti akrilik, kaca transparan, atau cermin yang sifatnya dapat memantullkan cahaya. Pilihan-pilihan material seperti inilah yang dapat membuat ruangan jadi tampak cantik namun tidak membuat kesan ruangan jadi sesak karena perabotan-perabotan tersebut. 

Pencahayaan Maksimal

Salah satu cara mendekorasi rumah sederhana dan simple adalah memfokuskannya pada pencahayaan di dalam rumah. ini akan sangat efektif membuat ruangan di dalam rumah mungil jadi lebih luas dan nyaman. Ruangan yang terang terasa jauh lebih luas dibandingkan dengan ruang yang gelap. Inilah alasan mengap pencahayaan jadi hal yang perlu diperhatikan saat mendekorasi rumah mungil. Berbicara mengenai pencahayaan, ini berkaitan dengan bukaan di dalam rumah mungil. Karena itulah maksimalkan jendela dalam rumah mungil. Atau anda bisa menggunakan pintu kaca sehingga cahaya dapat tetap masuk meskipun pintu dalam kondisi tertutup. 

 Jika tak memungkinkan untuk memaksimalkan jendela, cobalah untuk bermain dengan skylight. Sehingga membuat cahaya dapat tetap menyelinap masuk ke dalam rumah. namun jika pencahayaan alami tidak bisa dimaksimalkan. Mungkin anda bisa menggunakan solusi lainnya dengan mengatur cahaya buatan. Menggunakan satu lampu utama rasanya tidak akan cukup. Cobalah untuk menambahkan lampu hias, khususnya dibagian sudut ruangan yang minim cahaya. Sehingga pencahayaan di dalam rumah lebih maksimal. Hindari menggunakan lampu yang redup, terkecuali diletakkan untuk elemen-elemen yang dekoratif. 

Jangan Gunakan Pola Berlebihan

Cara mendekorasi rumah minimalis lainnya yang perlu diperhatikan adalah dengan tidak menggunakan pola yang berlebihan. tak hanya menghindari warna gelap, namun pola yang berlebihan terlalu padat atau ramai membuat ruangan jadi terlihat sempit. bahkan tak jarang malah akan membuat ruangan jadi tampak berantakan. Jadi hindari menggunakan pola di dalam rumah mungil, terkecuali jika ruangan tersebut berukuran agak luas. Usahakan untuk memilih pola-pola yang sederhana dan simple. Baik pada pola wallpaper, karpet, dan lainnya anda bisa menggunakan pola yang simple. 

Dan tak hanya itu, pilihan pola juga dapat memberikan efek dalam ruangan mungil. Untuk pola horizontal, membuat ruangan jadi terkesan lebih tinggi. Sedangkan untuk pola vertikal dapat membuat rumah berukuran mungil jadi terkesan lebih lebar. Jadi anda bisa menyesuaikan pola ini dalam kondisi rumah yang anda miliki. 

Efisiensikan Dengan Perabotan Compact

Seperti penjelasan sebelumnya, perabot menjadi salah satu faktor yang cukup berpengaruh dalam rumah mungil. Jika sampai salah memiliki perabot, malah akan membuat ruangan di dalam rumah mungil jadi terasa sempit, sesak, dan makin kecil. Selain memilih perabot yang menggunakan material transparan dan reflektif. Solusi lainnya yang bisa anda lakukan dalam mendekorasi rumah minimalis adalah menerapkan perabot-perabot compact dengan fungsi ganda. 

Misalnya kolong pada tempat tidur atau kursi, dibandingkan hanya terbuang begitu saja. Anda bisa menjadikannya sebagai tempat penyimpanan tambahan. Anda bisa menempatkan laci dalam kolong tersebut. sehingga dapat mengurangi lemari penyimpanan di dalam rumah mungil. Selain itu anda juga bisa menggunakan meja lipat atau sofa bed sebagai salah satu perabot multifungsi. 

Manfaatkan Dinding

Cara mendekorasi rumah mungil lainnya yang bisa dilakukan adalah memanfaatkan dinding semaksimal mungkin. Karena ruangan di dalam rumah sudah cukup terbatas, maka dinding bisa anda manfaatkan. Seperti menjadikan dinding sebagai penyimpanan dekoratif. Yang mana ini menjadi solusi efektif untuk membuat suasana jadi terorganisir namun tetap menegaskan estetika di dalam ruangan. Misalnya dengan menggunakan rak unik seperti floating shelves, bisa jadi pilihan terbaik untuk tempat penyimpanan sederhana. Tak hanya jadi tempat penyimpanan, namun rak seperti ini juga bisa menjadi tempat memamerkan karya seni, foto, dan lainnya. Dan yang pasti tidak menghabiskan space dan membuat ruangan terlihat sempit. 

Desain Open-Plan

Trik lainnya dalam menyiasati rumah yang mungil sehingga nampak cantik namun tetap terlihat luas adalah menggunakan “open-plan”. Konsep ini adalah yang terbaik untuk rumah mungil dan minimalis. Dalam konsep ini, menjadikan elemen selain dinding menjadi pembatas ruangan. Batas antar ruang tak selalu berupa dinding. Anda bisa memanfaatkan furniture, kolom, hingga perbedaan warna. Dengan menggunakan desain open-plan ini juga akan memberikan aliran ruangan jadi lebih lega dan nyaman. 

Nah itu tadi beberapa trik cara mendekorasi rumah sederhana dan minimalis yang bisa anda lakukan. cara-cara diatas bisa anda terapkan untuk mempercantik tampilan di dalam rumah mungil namun tidak terlihat semakin sempit. Yang terpenting dalam mendekorasi rumah mungil adalah tidak berlebihan. selalu terapkan minimalis dan simple di dalam rumah mungil. Sehingga tampilannya semakin menarik, namun juga terlihat luas. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat untuk anda.

About: rumah


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *