14 Tips Beli Apartemen Murah

Hasil gambar untuk tips beli apartemen murah

Bagi Anda yang tinggal di kawasan perkotaan atau bahkan pinggiran kota, memiliki hunian pribadi tentu menjadi impian. Namun saat ini untuk memiliki hunian tersebut, tidak sedikit uang yang harus disediakan karena harganya yang sangat tinggi. Selain itu ketersediaan rumah tapak juga memang terbilang sangat minim, terutama di kawasan perkotaan. Untuk mengatasi hal ini, memilih dan beli apartemen tentu menjadi pilihan yang pas untuk dijadikan sebagai pertimbangan. Selain lebih nyaman, harga apartemen juga jauh lebih terjangkau, bukan?

Saat ini, ada banyak pengembang yang menyediakan jual beli apartemen. Mulai dari yang standar hingga eksklusif, sehingga Anda bisa memiliki lebih banyak pilihan dalam beli apartemen. Nah, dalam beli apartemen pun tidak boleh sembarang, berbagai hal perlu dipertimbangkan dengan sangat baik dan teliti. Sebab, sebagaimana pembelian aset berharga lainnya, apartemen ini juga ditujukan sebagai investasi. Nah, berikut ini kami akan bahas tips untuk Anda yang berencana untuk membeli apartemen.

Cari Tahu Kebutuhan Anda Sebelum Beli Apartemen

Hasil gambar untuk tips beli apartemen murah

Ketika Anda membeli apartemen, setidaknya ada 3 jenis apartemen yang harus Anda ketahui yaitu unfurnished (tidak ada furniture sama sekali), semi furnished (sebagian ada furniture) dan full furnished (bangunan sudah siap di tinggali). Selain itu juga ada pertimbangan dari segi ukuran mulai dari studio (tanpa sekat), satu kamar, dua kamar, tiga kamar dan hingga apartemen luxury (lebih dari 3 kamar). Cari yang sesuai dengan kebutuhan, jangan keinginan. Hindari gengsi untuk membeli hunian tempat tinggal, agar keuangan Anda tetap sehat.

Survei Lokasi Sebelum Beli Apartemen

Lakukan survei lokasi apartemen yang Anda sudah pilih. Biasanya orang yang beli apartemen di lokasi-lokasi yang dekat dengan tempat kerja atau di tengah kota. Tujuannya jelas adalah untuk menghemat bahan bakar dan menghemat waktu perjalanan. Jadi jangan membeli apartemen hanya karena harga apartemen tersebut murah. Contoh kesalahan dalam membeli apartemen bisa saja karena pemilihan lokasi, kerja di daerah tengah kota Jakarta tetapi membeli apartemen yang terletak di kota Bekasi. Setiap hari bisa-bisa Anda harus bermacet-macet ria pada saat berangkat kerja dan pulang kerja.

Perbanyak Pilihan

Hasil gambar untuk tips beli apartemen murah

Jangan hanya bergantung pada satu pilihan apartemen saja. Sebelum beli apartemen murah sempatkan waktu untuk berkeliling dan bertanya mengenai harga dan value (lokasi, fasilitas, keuntungan lainnya). Jika Anda membutuhkan hunian yang tenang, maka sebisa mungkin jauhi apartemen yang dekat dengan bar, diskotik, tempat-tempat hiburan atau executive lounge.

Perhatikan Usia Bangunan

Jika dalam hal ini Anda membeli apartemen second jangan lupa tanyakan usia bangunan. Bangunan apartemen yang sudah terlalu tua, tentu saja akan mengeluarkan biaya perawatan yang lebih tinggi yang tentu saja nantinya malah merugikan Anda.

Beli Apartemen dengan Teliti

Membeli apartemen kerap menjadi pilihan banyak orang, termasuk Anda yang memang mengalami kendala dalam membeli rumah petak. Luangkan waktu Anda untuk memilih dan menemukan apartemen terbaik. Lakukan berbagai pertimbangan yang matang dari segala aspek, sehingga Anda bisa mendapatkan

Pilih Lokasi Yang Strategis

Hasil gambar untuk tips beli apartemen murah

Lokasi yang strategis dari sebuah apartemen menjadi pertimbangan yang paling utama dalam beli apartemen. Bila tempat tinggal Anda dekat dengan kantor, tempat perbelanjaan dan sebagainya, tentu Anda bisa beraktifitas dengan leluasa. Jika ternyata lokasi beberapa apartemen yang menjadi perbandingan memiliki jarak jauh ke kantor atau ke tempat lain hampir sama, maka pilihlah apartemen yang mudah dijangkau dengan transportasi umum seperti bus, stasiun kereta dan alat transportasi lainnya.

Cermati Fasilitas yang Tersedia

Cermati juga berbagai fasilitas yang disediakan dari pengembang apartemen, sehingga Anda bisa memiliki gambaran mengenai kesediaan furniture demi kenyamanan ketika nanti sudah tinggal di sana. Selain itu, pastikan Anda meluangkan waktu untuk mencari tahu mengenai fasilitas umum yang terdapat di sekitar apartemen, seperti: sekolah, klinik kesehatan atau rumah sakit, bank, dan yang lainnya. Hal ini sangat penting, demi mendukungnya segala aktivitas sehari-hari Anda.

Pertimbangkan Keamanan

Meski akan tinggal di dalam apartemen, kondisi keamanan di sekitar lingkungan apartemen merupakan hal yang penting dan tetap perlu menjadi pertimbangan. Jangan lupa untuk mengetahui layanan keamanan yang akan Anda dapatkan selama tinggal di apartemen, sebab hal ini akan sangat berhubungan dengan tingkat kenyamanan Anda selama tinggal di apartemen pilihan Anda. Selain layanan petugas keamanan, pada umumnya apartemen akan dilengkapi dengan CCTV yang dapat memantau kondisi keamanan dan lingkungan di sekitar apartemen.

Dapatkan Developer Terbaik Saat Beli Apartemen

Jika semua hal di atas telah terpenuhi dengan baik, jangan lupa untuk selalu cermat dalam memilih developer yang terbaik. Pastikan Anda memilih developer terbaik dan telah memiliki reputasi yang baik dan jelas sejak awal. Hal ini penting, untuk menjamin keamanan transaksi beli apartemen yang akan dilakukan. Cermati juga izin dan juga hal lainnya yang dianggap penting terkait dengan pembelian dari unit apartemen. Jangan sampai kelak Anda mengalami berbagai masalah, hanya karena salah dalam memilih developer dalam proses pembelian apartemen.

Pelajari Rekam Jejak Developer

Pelajari rekam jejak (track record) developer. Jika Anda membeli sebuah apartemen, Anda akan 100% bergantung pada developer. Banyak kasus bangunan apartemen yang ditinggal terlantar dan belum sempat ditempati, karena developer bermasalah. Anda dapat mencari tahu kredibilitas developer itu dari Asosiasi Perhimpunan Penghuni Rumah Susun Seluruh Indonesia (APERSSI).

Sertifikat dan Legalitas Perusahaan

Nah, ini yang paling penting, jangan lupa mengenai sertifikat dan legalitas bangunan. Anda perlu mengetahui dan memeriksa surat-surat penting seperti Hak Guna Bangunan (HGB) yang dimiliki oleh developer, surat izin prinsip, surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan Surat Izin Penggunaan Peruntukan Tanah (SIPPT). Jangan lupa lakukan pengecekan dan validasi ke instansi terkait. Jangan lupa cek juga nantinya sertifikat Hak Guna Bangunan dari apartemen yang akan Anda terima. Biasanya pemilik dari apartemen akan memiliki sertifikat Sertifikat Hak Satuan Rumah Susun (SHSRS).

Kenali Fasilitas Pendukung

Selalu kenali fasilitas-fasilitas umum disekitar apartemen Anda, contoh rumah sakit, kantor polisi, halte bus (di Jakarta contohnya halte Trans Jakarta), sekolah, kampus, pusat perkantoran, pusat perbelanjaan, mini market dan stasiun MRT.

Faktor Keamanan Jangan Sampai Dilupakan Sebelum Beli Apartemen

Hasil gambar untuk tips beli apartemen murah

Fasilitas keamanan adalah salah satu yang harus dipertimbangkan. Bagaimana penjagaan di bagian pintu depan apartemen, di dalam apartemen dan tingkat keamanan daerah sekitar apartemen.

Fasilitas Parkir Perlu Dipertimbangkan

Fasilitas parkir adalah hal yang perlu Anda perhatikan, setidaknya cari tahu apakah ada lahan parkir khusus untuk penghuni apartemen. Berapa banyak lahan parkir yang disediakan, pastikan memiliki lahan parkir yang luas karena pastinya nanti teman, keluarga Anda akan bermain di apartemen Anda dan kendaraan mereka akan diparkirkan disana.

Itulah 14 Tips Beli Apartemen Murah, semoga bermanfaat.

About: rumah


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *