Penjelasan dan Cara Kerja Cicilan DP Rumah

Hasil gambar untuk dp rumah

Membeli rumah atau dp rumah tentu menjadi keinginan setiap orang, entah untuk berinvestasi atau untuk digunakan. Terutama bagi Anda yang telah memiliki penghasilan, memiliki properti pasti keinginan yang ingin Anda lakukan.

Namun, dengan harga properti yang naik setiap tahunnya tidak dibarengi dengan kenaikan pendapatan, membuat banyak masyarakat yang ingin membeli rumah namun terhambat. Biaya Down Paymet (DP) Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) yang cenderung tinggi menjadi salah satu masalahnya.

Untuk itu, khususnya bagi generasi milenial terdapat beberapa cara guna mengatasi pembayaran Down Paymet rumah, diantaranya:

1. Investasikan Tabungan

Cara yang dapat ditempuh untuk mengatasi pembayaran dp rumah adalah menginvestasikan tabungan yang dimiliki. Tujuannya agar aset tersebut berkembang dan bisa digunakan untuk membayar cicilan dp rumah.

2. Pilih Program Cicilan DP Yang Sesuai

Selain itu, jika tidak cocok untuk menginvestasikan dana tabungan Anda, maka Anda juga bisa memilih program pembelian rumah dengan skema cicilan dp rumah yang disediakan oleh pengembang perumahan.

Untuk dp rumah sendiri pihak pengembang properti ada yang memberi keringanan dengan Down Paymet yang bisa dicicil, sehingga agar kita bisa membeli properti tersebut tidak harus 30 persen misalnya, tapi cukup sepersekiannya saja

Bahkan sekarang, banyak pengembang berinovasi, menawarkan cicilan DP rumah KPR atau program DP 0% untuk membantu masyarakat yang belum punya uang tapi sudah ingin punya rumah.

Namun, sebelum menyambut tawaran tersebut, Anda jangan mudah langsung untuk ambil, perlu memikirkan sejumlah faktor berikut:

Dalam kredit KPR atau KPA ke bank, pembayaran DP (uang muka) adalah syarat mutlak untuk pembelian rumah dengan sistem menyicil. Bank tidak akan mengucurkan kredit jika calon pembeli tidak menyetor uang muka kepada developer.

Penawaran DP 0% Rumah KPR dari developer perumahan tentu saja menawarkan alternatif pembayaran yang menarik bagi masyarakat yang ingin memiliki rumah. Orang yang sebelumnya harus menabung dahulu untuk bisa mengajukan kredit, sekarang dengan uang muka nol rupiah saja, Anda sudah bisa memesan rumah. Contohnya program yang dulu dicanangkan Pemprov DKI untuk memberikan DP rumah 0 rupiah.

Kenapa dinamakan DP 0%? karena essentially calon pembeli tidak perlu menyediakan uang saat itu juga untuk melunasi uang muka. Diyakini program DP 0% ini bisa membantu mereka yang ingin memiliki tempat tinggal namun anggarannya terbatas. Tentu saja, developer berani menawarkan skema ini karena paham bahwa cara ini akan membantu meningkatkan penjualan unit properti yang mereka bangun dengan cara memudahkan skema pembayarannya.

Cara Kerja DP Rumah dan Apartemen

Hasil gambar untuk dp rumah

Sebagai informasi berikut ini cara kerja DP rumah:

  • Pertama, pembeli mengangsur DP ke pengembang. Bukan ke Bank. Selama masih dalam masa cicilan DP, dalam hal ini pembeli belum berhubungan dengan bank. Jumlah DP yang akan dicicil dipilih oleh konsumen yang disesuaikan dengan ketentuan bank, yaitu DP mulai dari 20%, 30% dan 40% dari harga jual.
  • Kedua, cicilan dilangsungkan selama kurang lebih 2 tahun (22 bulan). Periode cicilan ini akan bisa berbeda – beda tergantung kebijakan pengembang.
  • Ketiga, dalam hal pengembang, masa cicilan mengikuti masa selesainya bangunan rumah atau apartemen.

Ketiga, ini penting Anda perhatikan bahwa harga jual rumah atau apartemen berbeda untuk masing – masing tingkat DP. Misalnya untuk harga apartemen dengan cicilan DP 20% lebih mahal dibandingkan dengan yang DP 30% dan DP 40%.

Keuntungan Cicilan DP KPR

Hasil gambar untuk dp rumah

Terdapat sejumlah keuntungan bagi Anda apabila mengikuti cicilan uang muka, diantaranya sebagai berikut.

1. Dengan Dana Yang Terbatas, Anda Tetap Bisa Beli Properti

Calon pembeli yang belum punya dana sudah bisa memesan apartemen atau rumah KPR. Banyak orang yang mengurungkan niatnya ingin beli rumah tetapi tidak bisa karena Down Paymet belum cukup. Terpaksa rencananya dibatalkan dan bertahan dulu di rumah yang lama sampai uang muka mencukupi. Ketika uang muka sudah dikumpulkan, rumah yang Anda incar tetap tidak bisa dibeli karena stok sudah terjual semua dan harganya pun sudah naik diatas budget yang sebelumnya sudah terestimasi.

Sebelum ada program ini, pembeli harus menyiapkan dulu uang sebesar uang muka, baru bisa memesan apartemen atau rumah yang diinginkan. Dengan program cicilan DP rumah, Anda sudah bisa memastikan mengambil unit apartemen atau rumah walaupun DP belum lunas. Harganya pun sudah di sepekati sehingga Anda tidak perlu khawatir bahwa harga akan naik apabila cicilan nanti selesai.

2. Memaksa Untuk Rajin Menabung

Jika memang Anda niat untuk dp rumah, hal yang harus Anda lakukan adalah untuk konsisten dalam menabung. Terkadang ada orang yang penghasilannya besar tetapi belum memiliki asset apapun. Karena dia malas menabung ataupun berinvestasi. Cicilan uang muka, makin memaksa kita untuk menabung. Tetap saja, ini adalah paksaan dalam diri kita yang positif karena investasi pada asset properti yang nilainya cenderung naik.

3. Kepastian Harga Meskipun DP Dicicil

Kesulitan mencicil sendiri (tanpa ikut program) adalah kita tidak tahu berapa harga apartemen saat nanti uang DP sudah terkumpul, karena nanti Down Paymet sudah terkumpul sangat bisa harga unit sudah berubah. Harga properti selalu naik tajam, terutama di kota – kota besar. Dalam cicilan uang muka, harga apartemen sudah dipatok diawal ketika calon pembeli sudah setuju ikut program mencicil DP. Saat nanti cicilan selesai, harga apartemen pun tidak berubah.

Memang perbandingan harga apartemen dengan cicilan DP akan lebih mahal dibandingkan dengan pembayaran langsung. Perbandingan antara harga cicilan Down Paymet dengan harga tanpa cicilan DP adalah 15% lebih mahal selama 22 bulan selama masa cicilan DP rumah.

Kenaikkan harga ini terlihat masih cukup masuk akal. Mengingat kepastian harga, yang membuat Anda sudah sedikit banyak bisa memprediksi berapa nanti cicilan yang harus Anda angsur ke bank.

4. Mudah Dijual Kembali

Hasil gambar untuk dp rumah

Seperti penjelasan sebelumnya, saat cicilan dp selesai, properti yang Anda pesan sudah jadi. Artinya, pembeli bisa segera menyewakan apartemen tersebut atau menjual apartemen dengan harga yang lebih tinggi. Karena modal Anda hanya sebesar cicilan uang muka. Selain itu, proses penjualan lebih mudah ketika masih berstatus cicilan Uang Muka dibandingkan jika properti sudah masuk KPR misalnya dp rumah KPR.

Hasil gambar untuk dp rumah

Saat sudah kredit, Anda harus melunasi seluruh pinjaman atau mentake over ke calon pembeli. Dengan sistem cicilan DP, pembeli cukup mengganti DP dan tambahan margin keuntungan.

Saat ini banyak perumahan dp rumah yang menawarkan kredit rumah dengan sistem angsuran dan uang muka yang tidak terlalu besar. Kalau memang sudah betul-betul ingin punya rumah sendiri namun belum punya simpanan yang cukup, mengambil program cicilan DP Rumah KPR adalah alternatif yang bisa Anda pilih.

About: rumah


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *