Syarat KPR sebagai Informasi Kepemilikan Hunian

Syarat KPR: Kini Punya Hunian Bukan Lagi Mimpi

Syarat KPR perlu dipelajari bagi orang yang memilih untuk membeli rumah dengan kredit di daerah perkotaan. Hal ini dikarenakan harga rumah di daerah perkotaan terus melambung tinggi. Dapat Anda survei, kini  harga rumah yang dijual di kota besar berkisar antara 800 juta hingga miliaran rupiah.

Hal ini yang membuat masyarakat sulit mempunyai hunian  sendiri tanpa kredit. Untuk itu masyarakat memilih untuk mengajukan kredit pemilikan rumah (KPR) untuk memiliki rumah di daerah perkotaan. Kini telah banyak lembaga keuangan yang menerbitkan  produk KPR dengan tujuan utama untuk memudahkan masyarakat agar dapat memiliki rumah impian.

Sebagian masyarakat banyak yang ragu untuk mengambil KPR dengan alasan yang bermacam-macam. Ada yang ragu dengan kemampuan untuk melunasinya, tidak mau berutang, dan berbagai alasan lainnya. Ingin memiliki hunian dengan cara KPR? Berikut  ada beberapa hal yang perlu diketahui sebelum memilih produk KPR.

Masa jangka waktu yang ditawarkan oleh KPR di Indonesia berkisar antar 10, 15, hingga 20 tahun. Semakin lama waktu kredit yang ditawarkan, maka semakin besar pula total bunga yang harus Anda bayar. Namun, akan lebih baik jika anda mengajukan kredit dengan jangka waktu terpanjang agar cicilan per bulannya kecil.

Anda tidak perlu khawatir dengan bunga yang besar jika memilih pengambilan jangka waktu kredit panjang. Mengingat investasi properti seperti rumah atau tanah nilainya selalu meningkat dari tahun ke tahun. Setelah memutuskan untuk menggunakan KPR, anda perlu menyediakan dana uang muka rumah sebesar 30 % dari harga rumah yang dijual.

KPR menyediakan tidak lebih dari 70% dari harga rumah. Hal ini perlu dipertimbangkan agar lebih baik jika besaran KPR ambil tidak melebihi 30% dari total pendapatan per bulan. Tentunya yang menjadi  pertimbanagna paling penting agar kondisi keuangan anda tidak terkuras habis oleh  cicilan hutang dan menjadi beban.

Prosedur Pengajuan KPR

Bank akan mempertimbangkan Anda dalam kemampuan membayar, sehingga bank bisa saja menolak permohonan Anda. Penerimaan atau penolakan ini terjadi jika nilai cicilan per bulan lebih dari 30 % dari penghasilan Anda. Sebaiknya sediakan uang tunai untuk pengurusan KPR di bank.

Dana ini digunakan untuk biaya administrasi boling Bee, biaya penilaian jaminan, administrasi serta provisi kredit. Dana tunai juga dibutuhkan untuk mengurus biaya asuransi jiwa dan asuransi kebakaran, serta biaya pengikat kredit secara hukum. Misalnya biaya Akta Pengakuan Utang dan Perjanjian Kredit, Akta jual-beli, Biaya bea balik nama, BPHTB juga jasa dari notaris.

Tidak sembarang KPR, ada baiknya jika Anda membandingkan berbagai macam syarat pegajuan KPR yang ditawarkan oleh bank. Pikirkan secara matang juga syarat KPR rumah sebelum memilih bank mana untuk memdanainya, jangan terburu-buru dalam memilih. Tanyakan kepada rekan anda yang telah memiliki rumah, mintalah rekomendasi dari mereka dalam memiliki referensi pemberi fasilitas KPR yang baik.

Selain itu, pilih bank tempat Anda menabung sehingga akan lebih mudah untuk menyelesaikan masalah jika seandainya terjadi masalah pada KPR. Anda harus menjaga rekam jejak dari transaksi perbankan. Karena ini juga sangat berpengaruh untuk pengambilan KPR.

Hal ini juga bermanfaat untuk terhindarnya ditolaknya aplikasi KPR, anda dapat melakukan crosscheck antarbank. Kegiatan tersebut dilakukan melalui Bank Indonesia melalui fasilitas Daftar Hitam Nasabah (DHN). Fungsinya untuk melacak apakah riwayat transaksi Anda baik atau buruk.

KPR BTN cukup banyak diminati oleh calon kreditur yang ingin punya rumah. Hal ini disebabkan karena Bank  BTN  lebih terpercaya dan punya tingkat suku bunga yang sedikit lebih rendah. Selain itu Bank BTN memberikan fasilitas kredit untuk rumah subsidi atau KPR murah dan non subsidi.

Syarat KPR BTN

KPR BTN bisa juga untuk rumah komersil baik dari pengembang maupun perorangan, program kredit dinamakan KPR BTN Platinum. Fasilitas ini dapat digunakan untuk pembelian rumah baru dan bekas, indent, maupun take over kredit dari bank lain.  Untuk suku bunga KPR 2019, BTN memberikan angka yang kompetitif yakni mulai 8,75% tetap selama satu, tiga, dan lima tahun.

Keunggulan menggunakan fasilitas KPR BTN diantaranya : memiliki Suku bunga kompetitif. Selain itu, prosesnya juga cepat dan mudah. Jangka waktu cicilan fleksibel sampai 25 tahun dan perlindungan asuransi jiwa kredit, asuransi kebakaran juga menjadi alasannya. Apalagi BTN jaringan kerjasama yang luas dengan pengembang di seluruh wilayah Indonesia.

Agar permohonan kredit Anda tidak ditolak oleh bank, sebaiknya kenali dulu syarat KPR BTN. Anda harus berkewarganegaraan Indonesia atau WNI dan berdomisili di Indonesia. Selain itu, Anda harus berusia 21 tahun atau telah menikah.

Memiliki pekerjaan dan penghasilan tetap sebagai pegawai tetap dengan masa kerja atau usaha minimal 1 tahun juga harus dipenuhi. Selanjutnya yaitu punya NPWP Pribadi. Selain syarat dari KPR BTN, sebagai calon nasabah anda juga harus mempersiapkan dokumen yang dilampirkan saat pengajuan.

Berikut beberapa dokumen yang harus dipersiapkan untuk pegawai atau karyawan. Misalnya form aplikasi kredit, fotocopy KTP, KK, Surat nikah dan pas photo terbaru dengan pasangan. Anda juga harus menyertakan slip gaji terakhir, fotocopy SK pengangkatan pegawai tetap serta fotocopy buku tabungan minimal 3 bulan terakhir.

Jangan lupa menyertakan fotocopy SPT Pph Ps. 21 untuk kredit kurang dari 100 juta ditambah fotocopy SHM/SHGB/ dan IMB. Untuk pengusaha data yang perlu dipersiapkan adalah form aplikasi kredit. Selain itu data penunjang lainnya adalah fotocopy KTP, KK, Surat nikah, pas photo terbaru dengan pasangan.

Lalu dokumen lainnya yaitu fotocopy surat izin pendirian usaha seperti SITU, SIUP, TDP. Tambahkan juga fotocopy Tabungan min. 3 bulan terakhir, fotocopy SPT Pph Ps. 21 untuk kredit kurang dari 100 juta. Terakhir, bawa juga fotocopy SHM/SHGB/ dan IMB.

KPR Murah BTN

BTN sebagai Bank pelopor juga memberikan KPR murah yang biasa disebut KPR BTN Mikro. Fasilitas kredit  KPR BTN murah ini bertujuan untuk  keluarga yang memilki penghasilan rata-rata Rp1,8 juta hingga Rp2,8 juta per bulan. Ada berbagai syarat pengajuan KPR yang harus diketahui sebelum diputuskan.

Diantaranya adalah maksimal gaji harus di bawah Rp3 juta dan plafon kredit yang bisa dikucurkan maksimal Rp75 juta. KPR Mikro akan memberikan jangka waktu cicilan selama 10 tahun dengan suku bunga kredit kisaran 6 -7%.  Apabila dihitung berdasarkan maksimal pinjaman dan tenornya, maka masyarakat yang memanfaatkan KPR murah dikenakan nominal cicilan sebesar Rp900.000 per bulannya.

Sementara untuk syaratnya KPR murah yakni KPR BTN Mikro adalah : Calon nasabah harus datang langsung ke BTN. Fungsinya adalah untuk melengkapi dokumen yang dibutuhkan seperti identitas diri dan NPWP. Kemudian pastikan maksimal cicilannya 50% dari total penghasilan.

Menabunglah terlebih dahulu selama enam bulan di BTN. Nominal pada tabungan harus sesuai dengan cicilan yang akan dibayar nantinya. Berikut simulasi cicilan melalui kalkulator KPR Bank BTN yang patut anda perhatikan.

Dengan harga rumah sebesar Rp350 juta, kemudian uang muka Rp35 juta (10%), jumlah pinjaman maksimum Rp315.000.000 dengan tenor 15 tahun. Suku bunga tetap 8,75% selama 5 tahun dan suku bunga terkumpul sebanyak 11% mulai dari tahun keenam sampai angsuran usai.

Contoh pembahasan :

Biaya Bank =       Appraisal Rp1.000.000

Provisi Rp1.575.000

Total Biaya Bank Rp2.575.000

Biaya Notaris =  Akta APHT Rp3.150.000

Perjanjian HT Rp3.150.000

Total Biaya Notaris Rp. 6.300.000

Jatuhnya angsuran per bulanya menjadi Rp4.046.875

Maka total untuk Pembayaran Pertama

(biaya Angsuran + biaya DP + Total Biaya untuk Bank + Total Biaya untuk Notaris ) Rp47.921.875

About: rumah


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *