Menata dan mendesain Ruangan Rumah Kita Sendiri

Menata dan mendesain Ruangan Rumah Kita Sendiri
Menata dan mendesain ruangan untuk rumah kita sebenarnya adalah hal yang bisa kita lakukan tanpa kita harus menjadi seorang profesional home desain ataupun seorang desain interior. Yup, kita dengan “rasa” yang kita miliki dapat mengatur dan menata ruang rumah kita sendiri. Namun, ingat ada beberapa hal yang harus kita perhatikan saat kita menyusun dan menata ruang rumah kita sendiri. Beberapa hal yang harus kita perhatikan dalam menyusun dan menata ruang rumah kita sendiri adalah sebagai berikut.
Untuk ruang yang sempit dan tidak begitu luas, kita harus isi dengan perabotan yang juga simple serta tidak terlalu banyak. Karena dengan perabotan yang minimalis pada ruang sempit dan tidak begitu luas akan membuat ruangan menjadi nampak lebih rapi dan lega. Buat miniatur ruangan untuk dapat memastikan letak isi perabot agar lebih maksimal penggunaan ruangan tersebut.
Untuk penataan barang yang berupa barang berseni atau semacamnya, usahakan letaknya tidak lebih tinggi dari pandangan mata kita. Dalam hal ini, untuk peletakkan barang berseni, sebaiknya ditaruh dengan ukuran tinggi rata rata orang memandang. Hal ini untuk memudahkan orang lain atau tamu yang datang kerumah kita melihat dengan mudah barang seni tersebut. Sebab bila diletakkan terlalu tinggi akan membuat orang susah melihat perabot kerajinan atau perabot hiasan yang kita miliki.
Untuk warna cat ruangan rumah anda, gunakan warna cat yang sesuai dengan suasana dalam ruangan tersebut. Alangkah bagusnya jika warna ruangan antara ruangan yang satu dengan yang lain berbeda. Misalnya, untuk ruang tamu dan ruang keluarga, gunakan warna yang berbeda. Hal ini untuk menghindari kejenuhan dan juga untuk “pembatas” antar ruang tersebut.
Pengaturan untuk hiasan yang ada di rak meja dan rak dinding rumah kita.
Gunakan “rasa” anda. Alangkah baiknya jika anda tidak memajang hiasan yang mempunyai ukuran sangat berbeda. Dalam hal ini bila anda mempunyai hiasan ukuran jumbo, sebaiknya tidak dicampur baurkan dengan barang yang berukuran mini. Hal ini untuk menimbulkan kesan teratur, terawat dan artistik pada rak dinding rumah anda.
Untuk pemasangan hiasan atau pajangan pada ruang rumah anda, perhatikan ukuran hiasan tersebut, sesuaikan pajangan atau hiasan dengan ukuran tempat hiasan tersebut diletakkan. Gunakan dua per tiga dari lebar dinding ruangan untuk barang seni. Jadi dengan susunan tersebut, barang seni yang anda taruh akan nampak lebih menawan.
Untuk menunjukkan “kepemilikan” dan kepribadian anda dan keluarga, alangkah baiknya pada setiap ruang terdapat identitas anda sekeluarga. Misalnya dengan memajang photo keluarga atau gambar maupun barang kesukaan anda pada suatu ruangan. Sedang diruang lain terdapat barang atau hiasan kesukaan istri anda atau anak anda. Hal ini akan menjadi cermin bahwa desain tata ruang rumah anda adalah murni ciri khas anda dan keluarga.
Penataan lampu pada tiap ruangan.
Penataan lampu juga bisa anda atur sedemikian rupa untuk tiap ruangan. Pembedaan warna lampu atau Watt dari lampu bisa anda gunakan untuk pembeda fungsi suatu ruangan. Untuk ruang tamu dan ruang makan misalnya. Apakah anda akan menggunakan lampu yang lebih terang untuk ruang tamu dibanding dengan ruang makan atau sebaliknya, hal itu tergantung selera anda. Yang pasti berikan pembeda lampu untuk tiap ruangan.

Dari Penjelasan diatas, dapat kita simpulkan bahwa sesungguhnya menata ruang atau mendesain sendiri ruang untuk rumah kita sangat bisa kita lakukan jika kita punya waktu dan mau mengerjakannya. Semua tergantung kita, apakah kita berani menampilkan “rasa” artistik kita atau tidak..

About: rumah


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *